Minggu, 09 April 2017

PBO SISTEM GOJEK

Nama Kelompok :
Muhamad Agus Supriyantono 54415347
Nadya Pramesti 54415945
Raden Aru Suryo R 55415497
Reyhansyah Prawira 55415802
Tito Tristi Suanto 56415914




Fasilitas Go-Jek

  • Go-Ride
Layanan transportasi sepeda motor yang dapat mengantar Anda ke berbagai tempat, lebih mudah dan lebih cepat.
  • Go-Car
Layanan transportasi menggunakan mobil untuk mengantar Anda kemanapun dengan nyaman.
  • Go-Food
Layanan pesan antar makanan nomor 1 di Indonesia. Go-Jek memiliki lebih dari 30.000 daftar restoran
  • Go-Send
Layanan kurir instan yang dapat Anda gunakan untuk mengirim surat dan barang dalam waktu 60 menit.
  • Go-Mart
Layanan yang bisa Anda gunakan untuk berbelanja ribuan jenis barang dari berbagai macam toko.
  • Go-Box
Layanan pindah barang ukuran besar menggunakan truk bak/blind van.
  • Go-Massage
Layanan jasa pijat kesehatan profesional langsung ke rumah Anda.
  • Go-Clean
Layanan jasa kebersihan profesional untuk membersihkan kamar kos, rumah dan kantor Anda.
  • Go-Glam
Layanan jasa perawatan kecantikan untuk manicure-pedicure, cream bath, waxing, dan lainnya langsung ke rumah Anda.
  • Go-Tix
Layanan informasi acara dengan akses pembelian dan pengantaran tiket langsung ke tangan Anda.
  • Go-Busway
Layanan untuk memonitor jadwal layanan bus TransJakarta dan memesan GO-RIDE untuk mengantar Anda ke sana.
  • Go-Pay
Layanan dompet virtual untuk transaksi Anda di dalam aplikasi GO-JEK.
  • Go-Med
Layanan terintegrasi untuk membeli obat-obatan, vitamin dan kebutuhan medis lainnya dari apotek berlisensi.
  • Go-Auto
Layanan auto care, auto service, dan towing & emergency untuk memenuhi kebutuhan otomotif Anda.
  • Go-Pulsa
Layanan pengisian pulsa langsung dari aplikasi GO-JEK dengan menggunakan GO-PAY.


Struktur Organisasi
Gambar Struktur Organisasi Pusat



Gambar Struktur Organisasi Regional



  • Direktur Utama
    • Memutuskan dan menentukan peraturan dan kebijakan tertinggi perusahaan
    • Bertanggungjawab dalam memimpin dan menjalankan perusahaan
    • Bertanggung Jawab atas keuntungan dan juga kerugian yang dialami perusahaan
    • Merencanakan serta mengembangkan sember-sumber pendapatan dan pembelanjaan kekayaan perusahaan
    • Menentukan Strategi untuk mencapai Visi-Misi perusahaan
    • Mengkoordinasi dan mengawasi semua kegiatan perusahaan mulai bidang administrasi, kepegawaian hingga pengadaan barang
  • Wakil Direktur
    • Membantu Semua Tugas Direktur Utama yang merupakan wakil di masing-masing area
  • Manager IT
    • Mengembangkan dan menyusun strategi dan rencana IT Go-jek dalam hal mempermudah pekerjaan dan dalam pelayanan kepada pelanggan
    • Mengkoordinir dan mengelola pendayagunaan software, hardware, Brainware dan jaringan di bidang TIK untuk mencapai kinerja optimum Go-Jek Indonesia
    • Mengelola layanan perancangan sistem kompterisasi dan progam aplikasi perangkat yang terintegrasi
    • Menyediakan data-data yang diperlukan oleh Bagian lain yang menyangkut IT
  • Manager Karyawan Front Office & Pemasaran
    • Melatih, menetapkan, melatih dan mengevaluasi karyawan front office.
    • Memastikan bahwasaanya karyawan mengetahui sistem komputerisasi, etika menerima keluhan secara langsung atau via telephon dan standard operasional Go-jek
    • Menangani keluhan pelanggan yang tidak bisa di selesaikan bawahannya
    • Membuat laporan daftar pelanggan
    • Menjaga kedisiplinan petugas kantor dengan memberikan sanksi dan peringatan bagi yang melanggar
    • Merencanakan dan menetapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pemasaran
  • Manager akuntansi
    • Mengkoordinasi perencanaan anggaran
    • Mengembangkan format pengajuan danpertanggungjawaban keuangan
    • Mengkoordinasi pelaksanaan audit
    • Melakukan sistem pencatatan keuangan
    • Bertanggungjawab terhadap wakil direktur
    • Merencanakan mengendalikan dan membuat keputusan atas semua aktivitas akuntansi
    • Menerima laporan arus kas keluar dan masuk ke perusahaan
  • Manager Ojek
    • Membuat kelompok-kelompok tukang ojek
    • Mengkoordinir semua karyawan tukang ojek
    • Selalu melakukan pengontrolan di setiap lini pangkalan Go-jek.
    • Bertanggung jawab kepada wakil Direktur atas Semua Karyawan Tukang Ojek

  • Karyawan
    • Bidang programming
      • Melaksanakan semua pekerjaan yang ditetapkan oleh manajer IT di bidang Progaming
      • Bertanggungjawab mengenai progam kepada manajer IT.
    • Bidang Web
      • Melaksanakan semua pekerjaan yang ditetapkan oleh manajer IT di bidang Web
      • Bertanggungjawab mengenai program aplikasi maupun web go-jek
    • Front Office (CS, Administrasi & Pemasaran)
      • Melaksanakan Semua pekerjaan Front Office yang ditetapkan oleh Manajer Front office dan administrasi
      • Bertanggung Jawab Kepada Manajer Front office dan administrasi
  • Tukang Ojek / Driver
    • Melaksanakan Semua Pekerjaan yang ditetapkan oleh manajer Bagian Ojek
    • Mengantarkan penumpang dan pesanan sesuai dengan waktu ditetapkan dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan
    • Bertanggung jawab kepada atasannya

Komponen Sistem Informasi


  • Perangkat Lunak : merupakan komponen yang memungkinkan hardware untuk memproses data melalui prosedur dan jaringan komunikasi yang sudah ditentukan.
Go-Jek menawarkan perangkat lunak berupa aplikasi Android, IOS, dan juga Website. Sehingga user dapat terhubung dan memanfaatkan sistem informasi yang ada.
  • Perangkat Keras : merupakan piranti-piranti fisik dimana perangkat lunak berada.
Go-Jek menggunakan Smartphone sebagai perangkat keras yang nantinya dipasang berupa aplikasi Go-Jek oleh user.
  • People : merupakan semua pihak yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem informasi, pemrosesan, dan penggunaan data.
Dalam Go-Jek terdapat pihak-pihak sebagai berikut : Programmer, System Analyst, Administrator Database, Driver atau suksesor layanan lainnya, User / Penumpang, dan lain lain.
  • Basisdata / Data : Komponen informasi yang disimpan secara sistematik, sehingga dapat digunakan untuk menunjang kegiatan perusahaan.
Pada Go-Jek antara lain adalah data penumpang, data driver, koordinat lokasi, data Go-Pay, dan lain-lain.
  • Jaringan Komputer : merupakan media yang menghubungkan seluruh komponen secara bersama.
Go-Jek menggunakan jaringan internet, sehingga dapat menghubungkan pengguna atau klien dengan sistem informasi mereka yang berbasis cloud.
  • Prosedur : Sekumpulan aturan yang dipakai untuk mewujudkan pemrosesan data dan kesesuaian keluaran yang dikehendaki.
Hal-hal yang menyangkut sistematika proses dalam aplikasi Go-Jek, seperti SOP Pemesanan, SOP Pembayaran, SOP Rekruitmen, dan lain-lain

Klasifikasi Sistem Informasi yang digunakan

Gambar Tipe-tipe Sistem Informasi




Gambar Klasifikasi Sitem Informasi Go-Jek

 

Sistem Informasi untuk Operasi Bisnis

  • Transaction Processing Systems
Penjelasan :
Transaction processing systems (TPS) mencatat dan memproses data hasil dari transaksi bisnis, seperti penjualan, pembelian, dan perubahan persediaan. TPS menghasilkan berbagai informasi produk untuk penggunaan internal maupun eksternal. Sebagai contoh, TPS membuat pernyataan konsumen, cek gaji karyawan, kuitansi penjualan, order pembelian, formulir pajak dan rekening keuangan. TPS juga memperbaharui database yang digunakan perusahaan untuk diproses lebih lanjut oleh sistem informasi.
Analisa :
Sistem pembayaran Gojek masuk ke dalam Transaction Processing System, dimana sistem informasi berfungsi sebagai pengatur alur keluar masuknya transaksi yang terjadi di gojek. Transaksi disini termasuk dalam kalkulasi biaya perjalanan, penambahan gojek kredit apa bila pelanggan menambah jumlah depositnya dan juga pengurangan jumlah kredit karena digunakan untuk membayar layanan Gojek.
Book order juga termasuk TPS, didalamnya terdapat pengumpulan informasi dari user seperti penentuan lokasi awal dan tujun, dan form lainnya.
  • Process Control Systems
Penjelasan :
Process control system (PCS) merupakan karakteristik dari sistem informasi yang menjaga proses kegiatan bisnis. Kegiatan bisnis yang berjalan harus seusai prosedur dan harus sesuai dengan langkah – langkah yang telah ditetapkan dari awal.
Analisa :
Semua proses pemesanan / booking merupakan bagian dari sistem informasi dimana langkah yang dilakukan bertahap sesuai dengan SOP yang telah ditentukan. Ini merupakan fungsi dari Process control system.
  • Enterprise Collaboration System
Penjelasan :
Enterprise collaboration systems (ECS) adalah sistem informasi lintas fungsional untuk meningkatkan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi diantara anggota dari operasi bisnis. Sistem ini juga digunakan untuk keperluan koordinasi dan pertukaran informasi di internal perusahaan maupun dengan costumer.
Analisa :
Untuk memudahkan koordinasi dan pertukaran informasi pada internal perusahaan, Gojek menghubungkan seluruh cabang di berbagai daerah kedalam suatu jaringan. Sedangkan untuk menciptakan kenyamanan costumer sendiri, Gojek memberikan informasi mengenai driver atau suksesor layanan lainya, baik nama, foto, begitu pula sebaliknya, driver megetahui nama serta no HP costumer, sehingga costumer dan driver bisa berkomunikasi secara langsung.

Sistem Informasi untuk Pengambilan Keputusan Manajemen

  • Management Information Systems
Penjelasan :
Management informations (MIS)  menyediakan  laporan  informasi  bagi  pihak  manajemen. MIS dihasilkan dari data yang dihimpun dari operasi bisnis. MIS menyajikan  informasi yang detail dan rangkuman informasi pilihan. MIS berguna untuk efisiensi operasional
Analisa :
Laporan data, Monitoring layanan dan Customer relationship management, adalah bentuk sistem informasi pada Go-Jek yang memudahkan pihak manajemen mendapatkan data khusus, misal statistik dan data pemesanan dan transaksi dari user, ataupun kinerja dari driver atau suksesor layanan lainnya.
  • Decision Support Systems
Penjelasan :
Decision support systems (DSS) merupakan langkah selanjutnya dari MIS dan TPS. DSS adalah sistem informasi yang menggunakan model keputusan dan data khusus untuk membantu proses pengambilan keputusan bagi manajemen. Gunanya untuk mendukung pihak manajemen untuk memecahkan masalah tertentu dengan tepat.
Analisa :
Data khusus dalam sistem informasi yang didapat dari pengumpulan data sebelumnya menjadi acuan manajer Go-Jek sebagai bahan keputusan untuk memusatkan atau mengekspansi usaha, penentuan dan rekruitmen driver atau suksesor layanan baru, serta pengembangan layanan.


  • Executive Information Systems
Penjelasan :
Executive information systems (EIS) adalah tipe sistem informasi yang sesuai untuk kebutuhan informasi bagi manajemen eksekutif. Tujuannya menyediakan dengan akses yang mudah dan cepat, tentang informasi selektif faktor-faktor kunci dalam menjalankan tujuan strategis perusahaan bagi manajemen eksekutif. Kemudian memberikan kebijakan perusahaan secara umum atau kebijakan yang diperuntukan pada level di bawah, yang kemudian akan di terjemahkan lebih spesifik oleh level di bawahnya dalam sistem informasi.
Analisa :
Dalam EIS, eksekutif Go-Jek memanfaatkan sistem informasi untuk menentukan kebijakan bagi peningkatan keseluruhan perusahaan, seperti Penawaran Saham Perdana atau IPO agar potensi pertumbuhan lebih cepat, menjalin kerjasama dengan perusahaan lainnya, serta menganalisa kompetitor dan membuat kebijakan agar dapat bersaing.

Teknologi Informasi yang digunakan

Dalam memberikan layanan, Go-Jek memanfaatkan teknologi informasi, antara lain :
1.      Teknologi End User
1.      Aplikasi Smartphone Android
2.      Aplikasi Smartphone IOS
2.      Teknologi Database
1.      Cloud Computing
2.      Smartphone Storage

3.      API (application programming interface)
1.      Google Maps
2.      Google Place
3.      Transjakarta API
4.      Apotikantar API
4.      Payment
1.      Go-Pay (Online Credit)
5.      Customer Service
1.      Social Media
2.      Website
3.      Call Center










 use case go-jek

 







Daftar Pustaka
https://gelegakzaki.wordpress.com/2016/11/27/diagram-dan-analisa-baimana-go-jek-berjalan/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KOMPUTASI SEBAGAI EDUKASI BERKELANJUTAN

Nama: Nadya Pramesti Kelas: 4IA13 NPM: 54415945             Pengetahuan tentang komputasi memegang peranan penting dalam memperm...