Nama Kelompok :
Muhamad Agus
Supriyantono 54415347
Nadya Pramesti 54415945
Raden Aru Suryo R
55415497
Reyhansyah Prawira
55415802
Tito Tristi Suanto
56415914
Fasilitas
Go-Jek
- Go-Ride
Layanan transportasi sepeda motor
yang dapat mengantar Anda ke berbagai tempat, lebih mudah dan lebih cepat.
- Go-Car
Layanan transportasi menggunakan
mobil untuk mengantar Anda kemanapun dengan nyaman.
- Go-Food
Layanan pesan antar makanan nomor
1 di Indonesia. Go-Jek memiliki lebih dari 30.000 daftar restoran
- Go-Send
Layanan kurir instan yang dapat
Anda gunakan untuk mengirim surat dan barang dalam waktu 60 menit.
- Go-Mart
Layanan yang bisa Anda gunakan
untuk berbelanja ribuan jenis barang dari berbagai macam toko.
- Go-Box
Layanan pindah barang ukuran
besar menggunakan truk bak/blind van.
- Go-Massage
Layanan jasa pijat kesehatan
profesional langsung ke rumah Anda.
- Go-Clean
Layanan jasa kebersihan
profesional untuk membersihkan kamar kos, rumah dan kantor Anda.
- Go-Glam
Layanan jasa perawatan kecantikan
untuk manicure-pedicure, cream bath, waxing, dan lainnya langsung ke rumah
Anda.
- Go-Tix
Layanan informasi acara dengan
akses pembelian dan pengantaran tiket langsung ke tangan Anda.
- Go-Busway
Layanan untuk memonitor jadwal
layanan bus TransJakarta dan memesan GO-RIDE untuk mengantar Anda ke sana.
- Go-Pay
Layanan dompet virtual untuk
transaksi Anda di dalam aplikasi GO-JEK.
- Go-Med
Layanan terintegrasi untuk
membeli obat-obatan, vitamin dan kebutuhan medis lainnya dari apotek
berlisensi.
- Go-Auto
Layanan auto care, auto service,
dan towing & emergency untuk memenuhi kebutuhan otomotif Anda.
- Go-Pulsa
Layanan pengisian pulsa langsung
dari aplikasi GO-JEK dengan menggunakan GO-PAY.
Struktur Organisasi
Gambar Struktur Organisasi Pusat
Gambar Struktur Organisasi
Regional
- Direktur Utama
- Memutuskan dan menentukan
peraturan dan kebijakan tertinggi perusahaan
- Bertanggungjawab dalam
memimpin dan menjalankan perusahaan
- Bertanggung Jawab atas
keuntungan dan juga kerugian yang dialami perusahaan
- Merencanakan serta
mengembangkan sember-sumber pendapatan dan pembelanjaan kekayaan
perusahaan
- Menentukan Strategi untuk
mencapai Visi-Misi perusahaan
- Mengkoordinasi dan
mengawasi semua kegiatan perusahaan mulai bidang administrasi,
kepegawaian hingga pengadaan barang
- Wakil Direktur
- Membantu Semua Tugas
Direktur Utama yang merupakan wakil di masing-masing area
- Manager IT
- Mengembangkan dan menyusun
strategi dan rencana IT Go-jek dalam hal mempermudah pekerjaan dan dalam
pelayanan kepada pelanggan
- Mengkoordinir dan mengelola
pendayagunaan software, hardware, Brainware dan jaringan di bidang TIK
untuk mencapai kinerja optimum Go-Jek Indonesia
- Mengelola layanan
perancangan sistem kompterisasi dan progam aplikasi perangkat yang
terintegrasi
- Menyediakan data-data yang
diperlukan oleh Bagian lain yang menyangkut IT
- Manager Karyawan Front Office & Pemasaran
- Melatih, menetapkan,
melatih dan mengevaluasi karyawan front office.
- Memastikan bahwasaanya
karyawan mengetahui sistem komputerisasi, etika menerima keluhan secara
langsung atau via telephon dan standard operasional Go-jek
- Menangani keluhan pelanggan
yang tidak bisa di selesaikan bawahannya
- Membuat laporan daftar
pelanggan
- Menjaga kedisiplinan petugas
kantor dengan memberikan sanksi dan peringatan bagi yang melanggar
- Merencanakan dan menetapkan
segala sesuatu yang berhubungan dengan pemasaran
- Manager akuntansi
- Mengkoordinasi perencanaan
anggaran
- Mengembangkan format
pengajuan danpertanggungjawaban keuangan
- Mengkoordinasi pelaksanaan
audit
- Melakukan sistem pencatatan
keuangan
- Bertanggungjawab terhadap
wakil direktur
- Merencanakan mengendalikan
dan membuat keputusan atas semua aktivitas akuntansi
- Menerima laporan arus kas
keluar dan masuk ke perusahaan
- Manager Ojek
- Membuat kelompok-kelompok
tukang ojek
- Mengkoordinir semua
karyawan tukang ojek
- Selalu melakukan
pengontrolan di setiap lini pangkalan Go-jek.
- Bertanggung jawab kepada
wakil Direktur atas Semua Karyawan Tukang Ojek
- Karyawan
- Bidang programming
- Melaksanakan semua
pekerjaan yang ditetapkan oleh manajer IT di bidang Progaming
- Bertanggungjawab mengenai
progam kepada manajer IT.
- Bidang Web
- Melaksanakan semua
pekerjaan yang ditetapkan oleh manajer IT di bidang Web
- Bertanggungjawab mengenai
program aplikasi maupun web go-jek
- Front Office (CS,
Administrasi & Pemasaran)
- Melaksanakan Semua
pekerjaan Front Office yang ditetapkan oleh Manajer Front office dan
administrasi
- Bertanggung Jawab Kepada
Manajer Front office dan administrasi
- Tukang Ojek / Driver
- Melaksanakan Semua
Pekerjaan yang ditetapkan oleh manajer Bagian Ojek
- Mengantarkan penumpang dan
pesanan sesuai dengan waktu ditetapkan dan menjaga hubungan baik dengan
pelanggan
- Bertanggung jawab kepada
atasannya
Komponen Sistem Informasi
- Perangkat
Lunak
: merupakan komponen yang memungkinkan hardware untuk memproses data
melalui prosedur dan jaringan komunikasi yang sudah ditentukan.
Go-Jek menawarkan perangkat lunak berupa aplikasi Android, IOS, dan
juga Website. Sehingga user dapat terhubung dan memanfaatkan sistem informasi
yang ada.
- Perangkat
Keras
: merupakan piranti-piranti fisik dimana perangkat lunak berada.
Go-Jek menggunakan Smartphone sebagai perangkat keras yang nantinya
dipasang berupa aplikasi Go-Jek oleh user.
- People : merupakan
semua pihak yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem informasi,
pemrosesan, dan penggunaan data.
Dalam Go-Jek terdapat pihak-pihak sebagai berikut : Programmer,
System Analyst, Administrator Database, Driver atau suksesor layanan
lainnya, User / Penumpang, dan lain lain.
- Basisdata
/ Data
: Komponen informasi yang disimpan secara sistematik, sehingga dapat
digunakan untuk menunjang kegiatan perusahaan.
Pada Go-Jek antara lain adalah data penumpang, data driver,
koordinat lokasi, data Go-Pay, dan lain-lain.
- Jaringan
Komputer
: merupakan media yang menghubungkan seluruh komponen secara bersama.
Go-Jek menggunakan jaringan internet, sehingga dapat menghubungkan
pengguna atau klien dengan sistem informasi mereka yang berbasis cloud.
- Prosedur : Sekumpulan
aturan yang dipakai untuk mewujudkan pemrosesan data dan kesesuaian
keluaran yang dikehendaki.
Hal-hal yang menyangkut sistematika proses dalam aplikasi Go-Jek,
seperti SOP Pemesanan, SOP Pembayaran, SOP Rekruitmen, dan lain-lain
Klasifikasi Sistem Informasi
yang digunakan
Gambar Tipe-tipe Sistem Informasi
Gambar Klasifikasi Sitem Informasi Go-Jek
Sistem Informasi untuk
Operasi Bisnis
- Transaction
Processing Systems
Penjelasan :
Transaction processing systems (TPS) mencatat dan memproses data hasil
dari transaksi bisnis, seperti penjualan, pembelian, dan perubahan persediaan.
TPS menghasilkan berbagai informasi produk untuk penggunaan internal maupun
eksternal. Sebagai contoh, TPS membuat pernyataan konsumen, cek gaji karyawan,
kuitansi penjualan, order pembelian, formulir pajak dan rekening keuangan. TPS
juga memperbaharui database yang digunakan perusahaan untuk diproses lebih
lanjut oleh sistem informasi.
Analisa :
Sistem pembayaran Gojek masuk ke dalam Transaction Processing
System, dimana sistem informasi berfungsi sebagai pengatur alur keluar masuknya
transaksi yang terjadi di gojek. Transaksi disini termasuk dalam kalkulasi
biaya perjalanan, penambahan gojek kredit apa bila pelanggan menambah jumlah
depositnya dan juga pengurangan jumlah kredit karena digunakan untuk membayar
layanan Gojek.
Book order juga termasuk TPS, didalamnya terdapat pengumpulan
informasi dari user seperti penentuan lokasi awal dan tujun, dan form lainnya.
- Process
Control Systems
Penjelasan :
Process control system (PCS) merupakan karakteristik dari sistem
informasi yang menjaga proses kegiatan bisnis. Kegiatan bisnis yang berjalan
harus seusai prosedur dan harus sesuai dengan langkah – langkah yang telah
ditetapkan dari awal.
Analisa :
Semua proses pemesanan / booking merupakan bagian dari sistem
informasi dimana langkah yang dilakukan bertahap sesuai dengan SOP yang telah
ditentukan. Ini merupakan fungsi dari Process control system.
- Enterprise
Collaboration System
Penjelasan :
Enterprise collaboration systems (ECS) adalah sistem informasi
lintas fungsional untuk meningkatkan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi
diantara anggota dari operasi bisnis. Sistem ini juga digunakan untuk keperluan
koordinasi dan pertukaran informasi di internal perusahaan maupun dengan costumer.
Analisa :
Untuk memudahkan koordinasi dan pertukaran informasi pada internal
perusahaan, Gojek menghubungkan seluruh cabang di berbagai daerah kedalam suatu
jaringan. Sedangkan untuk menciptakan kenyamanan costumer sendiri, Gojek
memberikan informasi mengenai driver atau suksesor layanan lainya, baik nama,
foto, begitu pula sebaliknya, driver megetahui nama serta no HP costumer,
sehingga costumer dan driver bisa berkomunikasi secara langsung.
Sistem Informasi untuk
Pengambilan Keputusan Manajemen
- Management
Information Systems
Penjelasan :
Management informations (MIS) menyediakan laporan informasi
bagi pihak manajemen. MIS dihasilkan dari data yang dihimpun
dari operasi bisnis. MIS menyajikan informasi yang detail dan rangkuman
informasi pilihan. MIS berguna untuk efisiensi operasional
Analisa :
Laporan data, Monitoring layanan dan Customer relationship
management, adalah bentuk sistem informasi pada Go-Jek yang memudahkan pihak
manajemen mendapatkan data khusus, misal statistik dan data pemesanan dan
transaksi dari user, ataupun kinerja dari driver atau suksesor layanan lainnya.
- Decision
Support Systems
Penjelasan :
Decision support systems (DSS) merupakan langkah selanjutnya dari
MIS dan TPS. DSS adalah sistem informasi yang menggunakan model keputusan dan
data khusus untuk membantu proses pengambilan keputusan bagi manajemen. Gunanya
untuk mendukung pihak manajemen untuk memecahkan masalah tertentu dengan tepat.
Analisa :
Data khusus dalam sistem informasi yang didapat dari pengumpulan
data sebelumnya menjadi acuan manajer Go-Jek sebagai bahan keputusan untuk
memusatkan atau mengekspansi usaha, penentuan dan rekruitmen driver atau
suksesor layanan baru, serta pengembangan layanan.
- Executive
Information Systems
Penjelasan :
Executive information systems (EIS) adalah tipe sistem informasi
yang sesuai untuk kebutuhan informasi bagi manajemen eksekutif. Tujuannya
menyediakan dengan akses yang mudah dan cepat, tentang informasi selektif
faktor-faktor kunci dalam menjalankan tujuan strategis perusahaan bagi
manajemen eksekutif. Kemudian memberikan kebijakan perusahaan secara umum atau
kebijakan yang diperuntukan pada level di bawah, yang kemudian akan di
terjemahkan lebih spesifik oleh level di bawahnya dalam sistem informasi.
Analisa :
Dalam EIS, eksekutif Go-Jek memanfaatkan sistem informasi untuk
menentukan kebijakan bagi peningkatan keseluruhan perusahaan, seperti Penawaran
Saham Perdana atau IPO agar potensi pertumbuhan lebih cepat, menjalin kerjasama
dengan perusahaan lainnya, serta menganalisa kompetitor dan membuat kebijakan
agar dapat bersaing.
Teknologi Informasi yang
digunakan
Dalam memberikan layanan, Go-Jek memanfaatkan teknologi informasi,
antara lain :
1.
Teknologi End User
1.
Aplikasi
Smartphone Android
2.
Aplikasi
Smartphone IOS
2.
Teknologi Database
1.
Cloud
Computing
2.
Smartphone
Storage
3.
API (application
programming interface)
1.
Google
Maps
2.
Google
Place
3.
Transjakarta
API
4.
Apotikantar
API
4.
Payment
1.
Go-Pay
(Online Credit)
5.
Customer Service
1.
Social
Media
2.
Website
3.
Call
Center
use case go-jek
Daftar Pustaka
https://gelegakzaki.wordpress.com/2016/11/27/diagram-dan-analisa-baimana-go-jek-berjalan/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar