Minggu, 02 Oktober 2016

Konsep New Media


Penerapan Internet Sehat



Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").
Internet sehat adalah dimana jika kita melakukan aktivitas berselancar di dunia maya atau kita berada di internet entah itu browsing, download, games online ataupun hanya sekadar social activity.

Contoh penerapan internet sehat  adalah telkomsel menerapkan  “3 Telkomsel-Key” Pada Android Guna Meningkatkan Produktivitas Pelajar

1. Edukasi
Kita ketahui tugas utama sebagai pelajar yakni, belajar. Guna menunjang kegiatan belajar mengajar, internet bisa dijadikan solusi dalam upaya meningkatkan efektivitas kegiatan belajar mengajar. Saat ini mulai bermunculan media pembelajaran berbasis internet salah satunya yakni, Quipper School. Quipper school ini memudahkan guru untuk memberikan materi dan tugas serta juga bisa memantau statistik belajar siswa secara online.

2. Rekreasi
Tak melulu untuk belajar, Internet juga bisa dimanfaatkan sebagai media rekreasi bagi pelajar, yakni permainan. Bukan permainan biasa, tetapi permainan yang mengasah kreativitas para pelajar Indonesia sebagai contoh adalah cut of the rop. Sebenarnya masih banyak lagi permainan yang bermanfaat bagi pelajar, tetapi yang terpenting adalah selektif pada pemilihan permainan serta pembatasan pada penggunaan permainan ini sehingga tidak menimbulkan efek candu pada pelajar.

3. Informasi
Pada point terakhir ini internet sebagai penyedia informasi bagi pelajar. Tak dapat dipungkiri memang internet salah satu penyedia informasi lengkap dari seluruh penjuru dunia seakan dunia berada digenggaman tangan. Media sosial misalnya, lewat media sosial ini pelajar bisa mendapat informasi positif dari berbagai sumber sehingga pengetahuan pelajar terupdate dengan bagus. Tak hanya itu internet juga bisa digunakan sebagai penyedia info lomba, para pelajar bisa mengakses berbagai situs yang mencantumkan pengumuman lomba mulai dari lomba menulis, olimpiade hingga lomba dibidang seni dan olahraga. Banyak situs atau media sosial yang banyak mengirim kiriman mengenai lomba-lomba misalnya facebooktwitterinstagram dan masih banyak lagi. Sehingga potensi para pelajar bisa terasah dan akhirnya diwujudkan dalam prestasi yang membanggakan.

Contoh Penerapan internet tidak sehat
  1. Membuka content jejaring sosial pada saat jam kerja. Ini membuat seseorang malas untuk mengerjakan tugasnya yang seharusnya dikerjakan pada hari itu.
  2. Bermain game online disaat jam kerja salah satu kegiatan di dunia maya yang sulit dihilangkan, karena      mereka akan lebih fokus kepada game dibandingkan dengan pekerjaan yang sedang dikerjakan
  3. Mencari atau membuka content yang bersifat atau berbau ponografi



Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KOMPUTASI SEBAGAI EDUKASI BERKELANJUTAN

Nama: Nadya Pramesti Kelas: 4IA13 NPM: 54415945             Pengetahuan tentang komputasi memegang peranan penting dalam memperm...